Selasa, 13 Mei 2014

Punya Gusi, Bikin Bingung




"Ah, sakit.."

"Yang ini? kalau digoyang gini, masih sakit?"

"Aw .., sakit." keluhku.

"Diam dulu, jangan bergerak." Perempuan itu mengambil sesuatu yang tajam. "Buka yang lebar!"

Aduh, Dia masih mengorek-ngorek benda tajam itu di rongga mulutku. rasanya sakit sekali. Ampun, kenapa aku tiba-tiba nyasar di poli gigi. Hikz, gigiku 'kan gak sakit (tadinya).

**

"Bu Willy, 37 tahun.."

"Bu Willy .., ada Bu Willy .." Petugas itu masih memanggil-manggil tapi pasien yang dimaksud belum memunculkan batang hidungnya.

"Bu Willy, Bu Willy!" perempuan itu memperhatikan lagi berkas daftar pasiennya. Keningnya berkerut dan mulutnya bergerak seperti mengeja sesuatu. "Oh, Wiwi .. Ada?"

Itu aku, segera kumendekati ruangan Dokter.

"Saya Bu.., Wiwi 27tahun.." terang saja tidak ada yang muncul. Tahunya yang dari tadi dipanggil itu aku.

"Ya, masuk saja.."

 Kutemui di ruangan itu seorang Dokter perempuan, kemudian Dia mulai menanyaiku tentang keluhan kesehatan yang sedang aku alami.

"Gusiku sering berdarah, Dok. Tapi gigiku gak sakit. Sering sariawan juga, berdarah terus .."

"Coba saya alihkan ke bagian gigi ya? Disana nanti Dokter bisa menangani.."

Sreeet,Sreeet... Dokter itu menulis di atas secarik kertas yang kemudian Ia serahkan padaku. "Langsung saja ke polygigi, ini surat rujukan dari saya.., disana nanti sampaikan lagi keluhan ibu, apa.."


***

Rupanya antrian dibagian gigi tak sepanjang di bagian umum, tapi disini menunggu panggilan satu orang itu lebih lama. Ah.. antri lagi deh..

Dan akhirnya namaku di panggil juga .. Dan beginilah keadaanku saat ini, nasibku ada di tangan Dokter gigi ini.

"Aw sakit, Dok."

"Iya sudah, kumur-kumur dulu"

Sudah? Alhamdulillah, selesai. Habis gigiku diotak-atik. Parno juga takut dicabut..

"Jadi kenapa Dok, gusiku sering berdarah?"

"Tadi itu, ada karang gigi yang letaknya dalam sekali. Kemungkinan juga ada abses karena bakteri. Tapi dicoba diobati dulu pake antibiotik."

Dokter itu lantas menulis resepnya untukku. Hooh.. leganya cuma dikasih obat.

Abses, abses, apa itu?

Sesampainya di rumah, aku lantas searching via google. Apa ya abses itu?
Rupanya itu kerusakan pada gusi yang disebabkan oleh bakteri, sehingga gusi membengkak dan bernanah. Tapi gusiku enggak bengkak gitu kok.. kenapa Dokter bilang gusiku abses ya? gigiku juga ngga berlubang, justru jadi ngilu karena dikorek-korek tadi. Hemm .., jadi parno ada penyakit lain.
Sakit apa dong, aku ini? Masih bingung, sambil nerusin makan obat ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar