Selasa, 13 Mei 2014

Disiplin dalam meminum obat itu penting!


"Yah, diminum dulu obatnya .."

 "Sudah, Ayah sudah minum obatnya."

 "Kapan? Ayah tak ingin lekas sembuh ya? Ayah ingat 'kan apa yang Dokter bilang, Ayah minum obatnya harus teratur."

Sering kali kita dihadapkan pada seseorang yang enggan minum obat seperti di atas. Apapun penyakitnya, sungguh minum obat harus teratur dan dengan dosis yang tepat. Dalam kasus penyembuhan penyakit TB, kedisliplinan dalam meminum obat adalah hal yang sangat penting, karena jika tidak tentu mengakibatkan penyakit yang diderita lebih berbahaya.

Mengapa kita tidak boleh menyepelekan minum obat?

Bukan hanya TB, sakit apapun akan sembuh bila kita disiplin dalam minum obat dan tentunya dengan dosis yang tepat. Kebanyakan orang awam meminum obat saat terasa sakit dan akan berhenti jika keluhan ataupun rasa sakit yang diderita hilang. Dalam kasus TB khususnya, kebiasaan seperti ini tidak boleh dilakukan . Karena Obat TB merupakan antibiotik. Apa itu antibiotik?Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk melawan infeksi bakteri. Antibiotik harus digunakan secara tepat guna mematikan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dalam tubuh penderita. Jika penderita TB tidak rutin atau disiplin dalam mengkonsumsi obatnya maka akan menimbulkan penyakit yang lebih parah, hal ini dikarenakan bakteri tidak tuntas dibasmi oleh antibiotik sehingga bakteri tersebut malah  tidak peka lagi dengan dosis antibiotik yang diberikan sehingga bakterinya menjadi kebal.

Untuk menyembuhkan penderita TB, diperlukan waktu dan kedisiplinan yang optimal. Karena penanganannya harus tepat. Jika tidak, bukannya sembuh. Penyembuhan penyakit TB yang dilakukan dengan tidak sungguh-sungguh akan mengakibatkan TB tersebut resistan terhadap obat. Dan itu bahaya, karena jika sudah resistan terhadap obat, sangat sulit bagi penderita tersebut untuk mendapatkan lagi kesehatannya.

Seperti kasus yang dialami langsung oleh pamanku. Beberapa tahun lalu, pamanku yang sering bekerja di lapangan menderita penyakit TB. Tentu semua keluarga sangat khawatir. Karena penyakit ini merupakan penyakit menular dan mematikan. Paman kemudian diobati dengan diberi obat TB sesuai anjuran Dokter. Hal tersebut terus dilakukan dalam jangka panjang, tapi dalam penanganannya keluarga kurang memperhatikan jadwal yang teratur karena tak ada satu orang yang yang foskus  memperhatikan jadwal minum obanya. Awalnya paman merasa baikan dan malah enggan meneruskan minum obatnya, Tapi lama-kelamaan keadaan paman makin memburuk dari sebelumnya. belum lagi nafsu makannya berkurang bahkan hampir hilang. Paniklah semua anggota keluarga dan akhirnya paman dilarikan ke Rumah sakit khusus penderita TB. Di sana paman mendapatkan perawatan yang intensif. Hampir  satu bulan pamanku dikarantina di sana karena kekhawatiran anak-anaknya, jika dibawa pulang takutnya paman tidak patuh dalam meminum obatnya. Setelah pulang, ditunjuk satu orang anaknya yang harus mengendalikan paman dalam meminum obat. Akhirnya dengan perjalanan panjang proses penyembuhan ini berhasil juga. Pamanku sekarang mendapatkan lagi kesehatannya.

 Itulah pentingnya meminum obat secara disiplin, apalagi dalam menghadapi TB. jangan sampai kesehatan kita terganggu bahkan mengalami sakit yang lebih parah gara-gara meminum obat secara tidak tepat.

Jaga kesehatan ya, jika sahabat, keluarga, kerabat anda ada menderita TB tolong diinformasikan bahwa minum obat secara teratur itu penting!

Ayo, disiplinkan minum obat!

Semoga sehat selalu, dan Indonesia terbebas dari TB.


Shilpa Yahya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar