Kamis, 20 Maret 2014

Ngaji sama si kecil

"De, solat yuk?" Ajakku pada Faiz.

"Kan udah.."

"Kapaan?"

"Tadi, Mah sama Papi kan di Masjid.."i

"Oh itu kan tadi subuh, sayang.. sekarang udah waktu isya, dede setelah subuh gak solat ya?"

"Solat, liatin uwa.."

"Tapi dede, ikutan kan?"

"ikut dong Mah, tapi belum bisa.."

Anakku memang baru 4 tahun, sudah seharusnya sebagai orang tua aku menanamkan nilai-nilai agama sedari kecil. Seperti Sholat, mengaji, mengajarkan akhlaq yang baik dan menanamkan nilai-nilai moral yang baik di kepribadiannya.

Orang tua mana yang tak ingin punya anak yang soleh? Sungguh luar biasa jika kita dikaruniai anak yang soleh, kebahagiaan dan keberkahan yang tak kan habis dimakan zaman. Anak soleh bekal kita yang tak ada habisnya.

Akhirnya, Faiz sadar juga mau ngikutin mamanya solat. Ya, walaupun ngikutin gerakannya dan bacaannya belum ia hafal. Aku biasakan selesai solat dia yang membacakan do'a.

"Ya Allah maafin dede, dede ga akan nakal.. Ya Allah moga mamah banyak uang biar ga kerja lagi."

Itu do'a yang selalu dibacanya, memang lucu tp kadang aku sedih dengar kalimat terakhirnya. Hiks dia ingin selalu ditemani aku, mamanya tapi aku harus kerja dan bagi waktu.

Kalo sudah gitu biasanya aku rangsang dia supaya mau meneruskan surat-surat pendek yang kubaca, awalnya aku yang melafadzkannya kemudian dia yang meneruskannya hingga ayat terakhir. Alhamdulillah metode ini mampu merangsang daya tangkapnya. Walau belum sekolah, Faiz sudah hafal surat-surat pendek, walau baru sedikit, seperti al-fatihah, annas, al-alaq, al-ikhlas, ya yang pendek-pendek saja dulu.

Senang rasanya punya buah hati, serasa punya jutaan mimpi. Seperti kita terlahir lagi dan punya kesempatan kedua, apa yang dulu tak bisa aku lakukan dengan baik, aku berharap anakku bisa melakukannya. Aku ingin memberikan yang terbaik untuknya. Tapi aku ingat, apapun yang orang tua berikan tak akan ada yang lebih baik dari pemahaman agama yang baik.

Itu akan menjadi bekal baginya. Untuk kehidupan anakku di masa depan, dunia dan akhiratnya.

Ya Allah jadikan anakku tunas harapan yang selalu tumbuh dan berkembang dalam kebaikan dan selalu engkau ridhoi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar