Kamis, 22 Mei 2014

Awas dan waspadai penyakit mematikan ini!





Serial #5 TB dan HIV

Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, penyakit ini lebih sering menyerang sistem saluran pernafasan meskipun dapat juga menyerang pada organ lain seperti otak, jantung, dan ginjal. TB merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat beresiko kematian bagi pederitanya. Penanganan TB harus dengan pengobatan yang seksama dan teratur karena infeksi bakteri berlangsung cepat dan sulit dikendalikan.

Mengapa TB sulit diobati? Hal ini terjadi karena pengobatan yang dilakukan memerlukan proses yang panjang hal ini yang menyebabkan penderita TB malas berobat dan berujung kematian. Penyakit TB sudah merupakan penyakit yang sangat serius, belum lagi jika penderita telah terinveksi HIV (atau merupakan ODHA). Hal ini merupakan tantangan ke depan bagi dinas kesehatan untuk mengobati dan menekan angka penderita ke dua penyakit ini.

Pada penderita HIV imunitas tubuh yang dimilikinya sangat lemah sehingga virus atau bakteri apapun yang hinggap di tubuhnya akan dengan mudah berkembang biak. Angka kematian ODHA yang paling tinggi diakibatkan karena bakteri TB. Seorang yang menderita HIV kemudian di tubuhnya berkembang TB maka akan lebih menderita dan tingkat kematiannya sangat tinggi.

Maka dari itu seorang yang menderita HIV harus lebih waspada pada TB. orang dengan HIV harus lebih sering memeriksakan kesehatannya dengan mengecek apakah dalam tubuhnya sudah bersarang bakteri TB? Hal ini wajib dilakukan karena jika kedua penyakit ini telah berkolaborasi akan sangat menyiksa bagi penderitanya bahkan akan berujung pada kematian.

Penderita HIV harus waspada pada penularan penyakit TB. Penyakit TB merupakan penyakit yang tersebar melalui udara. Waspadalah pada kedua jenis penyakit ini. Untuk itu kita perlu tahu bagaimana penyakit ini dapat ditularkan.

Penyakit Aids/HIV dapat ditularkan melalui:
1. Lewat cairan darah, baik itu transfusi darah yang telah tercemar virus HIV, penggunaan jarum suntik atau alat-alat kesehatan yang telah tercemar virus HIV dan masuk ke saluran darah.
2. Lewat cairan sperma atau vagina artinya dapat terjadi karena  berhubungan seksual  dengan penderita HIV.
3. Lewat air susu ibu. Hal ini dapat terjadi pada bayi yang dilahirkan oleh penderita HIV.

Penyakit HIV tidak akan ditularkan melalui:
1. Makan dan minum bersama atau pemakaian alat makan dan minum bersama.
2.Pemakaian fasilitas umum bersama, seperti telepon umum, toilet, kolam renang.
3. Ciuman, senggolan, pelukan dan kegiatan sehari-hari lainnya.
4. Lewat keringat atau gigitan nyamuk.

Penyakit TB merupakan penyakit yang menular lewat udara. Penderita TB aktif yang bersin, berbicara, atau bernyanyi dapat menyebabkan udara di sekitarnya mengandung bakteri TB yang dapat melayang layang di udara selama beberapa jam. Jika orang dengan sistem kekekebalan tubuh yang lemah menghirup udara seperti ini maka dia akan terjangkit TB.

TB tidak ditularkan melalui:
1. Sentuhan.
2. Berbagi makan dan minum.
3. Pengunaan fasilitas umum.

Penting bagi kita untuk menghindari penyakit di atas dan menjaga baik-baik kesehatan yang kita miliki. Untuk itu bagikanlah informasi penting ini bagi sahabat-sahabat dan keluarga tercinta.
Syukurilah kesehatan yang kita miliki dengan banyak-banyak melakukan kegiatan yang bermanfaat dan menjauhi hal-hal yang kurang menyehatkan.

Semangat untuk selalu sehat!

Salam dari saya,

Shilpa Yahya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar